Pages

Rabu, 01 Februari 2012

PERBEDAAN LARUTAN, KOLOID, dan Suspensi


Kegiatan 1
Perbedaan Larutan, Koloid, dan Suspensi
Tujuan
Mempelajari Perbedaan antara larutan, koloid dan suspensi

A.    Dasar Teori
Campuran dibedakan atas tiga jenis, yaitu larutan sejati, koloid dan suspensi. Pada larutan sejati, campuran fase terdispersi akan larut ke dalam medium pendispersinya, hal ini dikarenakan partikelnya berukuran kecil sekitar 1 nm, stabil, berwarna bening, tidak mengendap, selain itu juga bersifat meneruskan cahaya. Pada Suspensi, campuran fase terdispersi tidak akan larut ke dalam medium pendispersinya sehingga ia akan mengendap, hal ini dikarenakan partikel suspensi begitu besar berkisar 100 nm, tidak stabil. Sedangkan pada koloid, campuran fase terdisperi dan medium pendispersi akan menyatu. Keberadaannya berada diantara campuran larutan sejati dan suspensi. Partikel koloid ini berkisar 1 nm – 100 nm. Ia dapat larut dalam medium pendispersinya namun dapat disaring dengan mikroskopis ultra, bersifat stabil, dan dapat menghamburkan cahaya.

B.     Alat dan Bahan


·         Gelas Kimia         (5 buah)
·         Pengaduk            (1 buah)
·         Gula                     (1 gram)
·         Terigu                  (1 gram)
              ·         Susu Instan           (1 gram)
              ·         Sabun                    (1 gram)
              ·         Serbuk Belerang   (1 gram)
              ·         Akuades                 (secukupnya)

C.    Cara Kerja
·         Isilah gelas kimia dengan akuades kira-kira 50 ml.
·         Tambahkan satu gram gula ke dalam gelas kimia itu dan aduklah selama kira-kira satu menit.
·         Diamkan larutan yang terjadi selama lima menit dan catatlah apa yang terjadi.
·         Ulangi cara kerja diatas dengan menggunakan terigu, susu instan, sabun dan serbuk belerang pada gelas kimia yang telah disediakan.

D.    Tabel Pengamatan


Sifat Campuran
Campuran Akuades dengan
Gula
Terigu
Susu
Sabun
Belerang
Larut/tidak
ü
û
ü
ü
û
Stabil/tidak
ü
ü
ü
ü
û
Bening/keruh
ü
û
û
û
ü
Mengendap/tidak
û
ü
û
û
ü
Menghamburkan/ meneruskan cahaya
û
ü
ü
ü
û
E.     Hasil Pengamatan
Berdasarkan tabel pengamatan di atas, campuran tersebut dapat dikelompokkan ke dalam larutan, koloid dan suspensi. Campuran yang termasuk larutan yaitu campuran akuades dengan gula. Campuran yang termasuk koloid yaitu campuran dari terigu, susu dan sabun dengan akuades. Sedangkan campuran akuades dengan belerang ini termasuk suspensi.

F.      Kesimpulan
Berdasarkan hasil percobaan di atas, dapat disimpulkan bahwa campuran yang termasuk larutan adalah campuran yang larut dalam medium pendispersinya, stabil, bening, tidak mengendap, dan dapat meneruskan cahaya. Sedangkan campuran yang termasuk koloid adalah campuran yang pada umumnya larut dalam medium pendispersinya, stabil dan tidak mengendap, berwarna keruh, dan dapat menghamburkan cahaya. Dan campuran yang termasuk suspensi adalah campuran yang tidak larut pada medium pendispersinya, berwarna bening, mengendap, tidak stabil, dan dapat meneruskan cahaya. Hal tersebut dipengaruhi oleh ukuran partikel dan sifat homogen atau heterogen suatu partikel terhadap partikel lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar